Diplomat Suriah di Malaysia Mengumumkan Pembelotan dari Rezim Assad

Diplomat Suriah di Malaysia Mengumumkan Pembelotan dari Rezim Assad

Sejumlah diplomat Suriah di Malaysia mengumumkan pembelotan mereka pada hari Jumat kemarin (7/9), Al Arabiya mengatakan dalam sebuah laporan eksklusif.

Konsul Suriah di Kuala Lumpur, Emad al-Ahmar, dan atase diplomatik, Mahmoud Obeid, mengumumkan pembelotan mereka dari rezim Suriah.

Dalam sebuah wawancara khusus pada Al Arabiya dari ibukota Mesir, Kairo, Ahmar mengatakan bahwa rezim Bashar al-Assad telah menggunakan kekerasan brutal terhadap warga sipil yang menyerukan kebebasan.

Dari Kairo, Obeid juga mengumumkan bahwa ia akan bergabung dengan revolusi Suriah.

Sejumlah besar diplomat Suriah di seluruh dunia telah mengumumkan pembelotan mereka dari rezim Suriah selama beberapa bulan terakhir. Duta besar Suriah di Irak Nawaf al-Tarif adalah diplomat Suriah pertama yang mengumumkan pembelotan dari rezim Assad pada bulan Juli lalu.

Ia kemudian diikuti oleh duta besar Suriah di Belarus Farouk Taha, duta besar Suriah di Uni Emirat Arab Abdul Latif al-Dabbagh dan duta besar Suriah di Siprus Lamiaa al-Hariri.

Pembelotan lainnya termasuk Khaled al-Ayoubi, utusan Suriah di London dan atase diplomatik Suriah di Serbia Bashar al-Haj.(fq/aby)