Enam Tentara AS di Irak Tewas Selama 24 Jam Terakhir

Enam tentara AS di Irak kembali menjemput maut. Mereka tewas dalam berbagai serangan di Negeri Seribu Satu Malam dalam 24 jam terakhir.

Kantor berita Reuters mengutip keterangan yang diberikan militer AS ihwal tewasnya seorang marinir AS dalam sebuah bentrokan bersenjata di Provinsi Al-Anbar. Selain itu, militer AS juga mengakui terbunuhnya seorang pilot mereka dan tiga lainnya terluka dalam sebuah ledakan bom di sebuah jalan di selatan Baghdad.

Sementara dari utara Baghdad disebutkan bahwa seorang tentara AS tewas dan empat lainnya luka-luka akibat ledakan yang ditanam di pinggiran jalan.

Dalam serangan lainnya di tenggara Baghdad di beritakan dua tentara AS tewas dan empat lainnya terluka saat rombongan patroli mereka dihadang serbuan kecil orang bersenjata.

Selain itu, militer AS juga menyatakan tewasnya seorang tentara mereka yang bukan karena pertempuran. Namun mereka enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Sejak agresi AS ke Irak pada Maret 2003 sampai 14 Mei 2007, kantor berita AP mencatat, sekitar 3.398 tentara AS tewas. Sedikitnya 2.769 tewas dalam berbagai operasi militer melawan para pejuang Irak. Sementara sejumlah analis meragukan jumlah versi AP itu. Mereka memperkirakan jumlah tentara AS yang tewas sebenarnya lebih banyak lagi.

Sementara militer Inggris melaporkan, jumlah pasukan koalisi selain pasukan AS yang tewas dengan rincian tentara Italia 33 orang, Ukraina 18, Polandia 20, Bulgaria 13, Spanyol 11, Denmark 7, Slovakia 5, Latvia 3, Estonia dan Belanda 2, dan masing-masing satu orang dari Australia, Hungaria, Kazakhstan dan Romania.(ilyas/im/ap)