Gempa dan Banjir Landa Afghanistan, Ribuan Orang Dipekirakan Tewas

Gempa bumi dan air bah menimpa sebagian Afghanistan. Banjir terakhir yang menerjang sejumlah kampung di Afghanistan menewaskan 37 orang. Sementara gempa bumi menurut data PBB, menelan korban hingga 88 orang.

Hujan deras dan salju juga menghancurkan ratusan rumah tinggal. Masih menurut PBB, bencana alam ini diperkirakan menelan 2.000 korban jiwa di seluruh Afghanistan. Namun PBB mengatakan, data itu masih bersifat sementara, karena kondisi lapangan yang sulit dijangkau.

Gempa bumi berkekuatan 6, 2 skala richter terjadi di Utara Afghanistan. Efek getarnya bahkan terasa hingga ke wilayah Kashmir di Pakistan. Gempa itu menyebabkan ribuan orang di Kabul, Jalalabad dan Kashmir, meninggalkan rumah mereka.

Sebelumnya, di tahun 2005, gempa berkekuatan 7, 6 skala richter mengguncang sebagian Kashmir di Pakistan hingga menewaskan 73 ribu orang dan menyebabkan tiga juta orang mengungsi. Menurut Pusat Penelitian Geologi AS, pusat gempa di Afghanistan berada di kedalaman 200 km di bawah gunung Hindukush. Gempa terjadi pukul tiga dini hari Selasa (3/4), waktu setempat. (na-str/bbc)