Hillary Clinton Calon Kuat Menteri Luar Negeri Obama

Nama orang-orang yang bakal masuk dalam jajaran pemerintahan presiden terpilih Barack Obama terus bergulir. Saat ini Obama dikabarkan sedang mempertimbangkan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri. Hillary adalah kolega Obama di Partai Demokrat dan dalam pemilu kemarin bersaing untuk menjadi kandidat presiden dari partai tersebut.

NBC News hari ini dalam laporannya menyebutkan,"Dua penasehat Obama mengatakan pada NBC News bahwa Hillary Clinton sedang dipertimbangkan untuk menjadi menteri luar negeri … tapi kantor Hillary menyatakan menyerahkan keputusan tentang susunan pemerintahan transisi pada presiden terpilih dan timnya."

Surat kabar Washington Post juga memberitakan bahwa Senator Hillary Rodham Clinton sedang dipertimbangkan untuk memegang jabatan tersebut. "Sudah ada pembicaraan tentang hal ini," tulis Washington Post , meski juru bicara Obama, Tommy Vector menolak mengomentari masalah ini.

Selain nama Hillary, juga muncul nama Senator Chuck Hagel dari Partai Republik , Senator John Kerry dan gubernur New Mexico Bill Richardson yang disebut-sebut juga dicalonkan untuk menjabat menteri luar negeri AS yang akan menggantikan Condoleezza Rice. (ln/prtv)