Ini Situs Warisan Dunia UNESCO di Saudi yang Bisa Dikunjungi Traveler Muslim

Kota Madain Saleh terletak sekitar 1.400 kilometer sebelah utara Riyadh. Nama Madain Saleh sendiri mengambil nama dari Nabi Saleh AS. Kota kuno ini memiliki lansekap unik berupa bangunan-bangunan tinggi dan besar dari tanah.

Guna melestarikan situs ini, Menteri Kebudayaan Arab Saudi Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan Al Saud dan Direktur Jendral UNESCO telah menandatangani surat untuk meresmikan komitmen Kerajaan Arab Saudi untuk menggelontorkan dana sebesar 25 juta dolar AS atau sekira Rp 347,2 miliar untuk melestarikan situs warisan dunia UNESCO di Arab Saudi.

“Untuk mendukung kemitraan Kerajaan Arab Saudi dengan UNESCO dan upayanya untuk melestarikan warisan dunia, saya telah menandatangani surat perjanjian dengan Audrey Azoulay untuk mendukung program konservasi strategis UNESCO untuk melestarikan situs warisan dunia,” ujar Pangeran Badr beberapa waktu lalu seperti dilansir Alarabiya.

Menurut UNESCO dana ini akan digunakan untuk pengembangan teknologi digital bagi situs, pengembangan pariwisata budaya, untuk teknik perlindungan bangunan tradisional, pelestarian situs, dan promosi ekonomi kreatif. (Okz)