IS Kuasai Total kota Raqqa, Setelah Rebut Markas Militer Assad di Bandara

Smoke rises during what activists said was an air raid by warplanes operated by forces of Syria's President Assad around al-Tabqa military base, west of Raqqa cityAktivis pemantau , mengatakan mujahidin yang tergabung dalam IS  akhirnya telah merebut  sebuah pangkalan udara militer terbesar di timur laut Suriah, menghilangkan markas terakhir rezim Assad  di kawasan tersebut, Associated Press melaporkan.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia mengatakan para mujahidin  menerobos pertahanan lapangan udara Tabqa pada hari Minggu dan memukul mundur pasukan Rezim Assad.

Direktur Observatorium Rami Abdurrahman mengatakan beberapa pasukan  angkatan darat Rezim Assad juga menarik diri dari markas , dan IS sekarang menguasai kendali  penuh  fasilitas militer tersebut.

Bentrokan tersebut tekah menewaskan 500 orang , dari tentara rezim   Suriah dan pejuang ISIS yang gugur di kota Raqqa setelah bentrokan, kata Observatorium.

Observatory mengatakan 346 mujahidin IS  dan 25 tentara Suriah tewas dalam pertempuran di bandara sejak Selasa lalu, dan  170 tentara rezim Assad tewas  dalam pertempuran sengit pada hari Minggu.

“Seratus tujuh puluh tentara Suriah tewas pada hari Minggu dalam serangan yang menyebabkan mujahidin  IS merebut bandara Tabqa,” kata Observatorium dalam sebuah email kepada AFP.

Bandara ini adalah  posisi militer Assad terakhir  di Raqa, setelah jihadis mengalahkan  pasukan Assad, Brigade 93 dan Divisi 17, menewaskan puluhan tentara. (Arby/Dz)