free hit counters
 

Juri Pengadilan AS : Dzhokhar Akan Dituntut Hukuman Seumur Hidup atau Hukuman Mati

Redaksi – Jumat, 28 Juni 2013 09:23 WIB

dzhokharDewan juri federal AS pada hari Kamis mendakwa 30 tuntutan terhadap Dzhokhar Tsarnaev atas dugaan perannya dalam menggunakan senjata pemusnah massal di Boston Marathon dengan membunuh tiga orang dan serius melukai banyak orang, serta menggunakan senjata api dengan sengaja membunuh Polisi Sean Collier  Massachusetts Institute of Technology (MIT), Departemen Kehakiman AS mengatakan.

Departemen Kehakiman mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa – Dzhokhar Tsarnaev 19 tahun didakwa dengan penggunaan senjata pemusnah massal yang mengakibatkan kematian dan konspirasi, pemboman di tempat umum yang mengakibatkan kematian.

Dakwaan ini adalah hasil kerjasama antara jaksa federal dan berbagai negara bagian, dan lembaga penegak hukum setempat untuk menyelidiki serangan di Boston Marathon dua bulan lalu,” kata Jaksa Agung Eric Holder. “Departemen ini tegas berkomitmen untuk mencapai keadilan atas nama semua orang yang terpengaruh oleh tindakan kekerasan yang tidak masuk akal.”



Surat dakwaan tersebut menuduh bahwa Dzhokhar Tsarnaev dan saudaranya Tamerlan berkonspirasi untuk menggunakan alat peledak improvisasi (IED) terhadap orang-orang, properti dan tempat-tempat kepentingan umum.

Surat dakwaan tersebut juga mereka menuduh bahwa pada tanggal 18 April 2013, FBI merilis foto-foto Dzhokhar Tsarnaev dan saudaranya, mengidentifikasi mereka sebagai tersangka dalam pemboman maraton. Beberapa jam kemudian, Dzhokhar Tsarnaev dan saudaranya, dipersenjatai dengan lima unit IED, sebuah pistol semi-otomatis Ruger P95, amunisi, parang dan pisau berburu, menuju ke MIT kampus, di mana mereka menembak Petugas polisi MIT Collier dan berusaha untuk mencuri senjata dinasnya.

Dakwaan lebih lanjut , mereka menuduh bahwa tak lama setelah Dzhokhar Tsarnaev dan saudaranya membunuh Collier, mereka membajak kendaraan sipil, menculik pengemudi mobil, dan memaksanya untuk pergi ke sebuah pompa bensin, merampok 800 dolar . Setelah pengemudi berhasil melarikan diri, mereka terlibat dalam baku tembak dengan petugas polisi dan menggunakan empat unit IED tambahan. Dzhokhar Tsarnaev melajukan kendaraan mengarah kepada petugas, tetapi ia hanya melindas saudaranya sendiri saat ia melarikan diri. Dzhokhar Tsarnaev diduga bersembunyi di sebuah perahu yang berlabuh di halaman belakang Watertown sampai pada hari penangkapannya di malam berikutnya.

Tujuh belas dakwaan akan mengakibatkan hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati. Pengadilan Dzhokhar Tsarnaev dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 10 Juli 2013. (Xinhua/Dz)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus