Kasus Khasshogi: Intel Saudi Ketahuan Gegara Sepatu

Eramuslim.com – Aksi penyamaran yang dilakukan seorang agen intelijen Arab Saudi menjadi wartawan Jamal Khashoggi untuk mengecoh otoritas Turki terbongkar gara-gara sepatu. Meski memakai pakaian milik Khashoggi, sang agen ternyata tidak mengganti sepatunya sendiri.

Seperti dilansir Hurriyet Daily News, Selasa (23/10/2018), hal ini diungkapkan sumber kepolisian Turki yang dikutip oleh kolumnis Hurriyet, Abdulkadir Selvi. Seorang sumber diplomat yang memahami kasus ini juga menuturkan hal yang sama kepada media Amerika Serikat (AS) The Washington Post seperti dilansir CNBC.

Beberapa jam setelah Khashoggi tewas di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu, seorang pria tampak berjalan keluar dari Konsulat Saudi dengan memakai pakaian milik Khashoggi lengkap dengan kacamatanya. Pria itu juga memiliki berewok yang sama dengan Khashoggi.

Pria berpakaian mirip Khashoggi itu merupakan agen Saudi yang menyamar untuk mengecoh otoritas Turki. Pria itu berjalan ke salah satu distrik di Istanbul untuk memberi kesan bahwa Khashoggi telah keluar dari Konsulat Saudi dalam keadaan hidup.

“Pelaku lupa melakukan sesuatu. Pengganti Khashoggi terekspose karena sepatu sneakers-nya. Khashoggi memakai sepatu derby (sepatu formal) ketika masuk ke konsulat, bukan sneakers,” ujar Selvi mengutip pernyataan sumber kepolisian itu.