Kelompok Politik Mesir Kecam Tumbuhnya “Salafi” di Kementerian Wakaf dan Al-Azhar

Kelompok Politik Mesir Kecam Tumbuhnya

Sejumlah kelompok politik mengecam keras bangkitnya pengaruh kelompok yang dianggap ultra-konservatif Salafi di Kementerian Wakaf dan Al-Azhar, lembaga pembelajaran yang paling penting di dunia Muslim Sunni.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat kemarin (7/9), Gerakan populer untuk Independensi Al-Azhar, Front Bebas untuk Perubahan Damai dan Uni Pasukan Revolusioner menggambarkan penunjukan anggota Salafi, sebagian besar dari Partai Bangunan dan Pembangunan – sayap politik Jamaah Islamiyah – mengalihkan jalur warga Mesir yang melihat Al-Azhar sebagai titik acuan agama mereka.

Kelompok ini mengklaim tokoh agama moderat di Al-Azhar sengaja terpinggirkan dan diganti dengan ulama “ekstrimis” yang mengikuti kelompok ultra-konservatif ala Wahabi.

Selanjutnya, kelompok ini menekankan pentingnya Mesir mempertahankan perannya sebagai “pelindung Islam moderat” dan mengatakan Al-Azhar harus melawan “impor ide-ide asing,” mengacu pada Wahhabisme, yang berasal dari Arab Saudi.(fq/alahram)