Konflik dengan Isteri, Lalu Hidup 50 Tahun di Atas Pohon

Ini berita unik. Sekitar 5 meter dari permukaan tanah. Sebuah rumah reot nangkring di atas pohon di India. Di dalamnya hidup seorang pria tua yang konon sudah menjalani hidup seperti itu lebih dari 50 tahun lamanya. Ia menetapkan diri untuk tinggal di atas pohon untuk lari dari problematika rumah tangga yang dialaminya. Sejak itu ia membangun gubuk di atas pohon dan sama sekali tidak mau turun dari atas rumah kecuali untuk keperluan makan, buang hajat dan melihat anak-anaknya.

Namanya, Gyadhar Parida, 83 tahun. Ia tinggal di pohon yang ada di kota Oresa, Timur India. Isterinya bercerita, kisah awal suaminya memutuskan untuk tinggal di atas pohon. “Di antara kami terjadi perselisihan sengit sejak 50 tahun lalu. Ketika itulah ia memutuskan untuk meninggalkan rumah dan hidup di atas pohon.” Ia menambahkan, “Saya dan anak anak sudah berusaha terus agar dia merubah pikirannya dan kembali lagi ke rumah. Tapi tampaknya ia lebih nyaman tinggal di atas pohon. Tapi sekarang, sudah terlalu lama dia hidup di atas pohon, sehingga semakin sulit mengajak dia untuk kembali.”

Baredha yang juga sempat diwawancarai mengatakan, “Hidup sendiri memberiku kesempatan untuk tenang secara batin dan jiwa. Saya mampu berpikir segala sesuatu lebih mendalam. Inilah yang menjadikanku lebih memilih hidup sendiri. Terkadang saya melewati hari-hari tanpa makanan. Saya biasa pergi ke tempat air di mana saja di sekeliling pohon untuk minum.”

Rumah tinggal Baredha tingginya hanya satu setengah meter persegi. Sebelumnya ia pernah membangun gubuk yang lebih besar, sekitar 4,5 meter di atas pohon mangga. Tapi gubuk itu akhirnya ambruk saat angin kencang menerpa kotanya. Di tahun 1999, saat angin kencang menghempas rumahnya, diperkirakan ribuan orang tewas. Karena itulah, Baredha memilih tempat yang lebih aman, dan lebih kuat. Ya, pilihan itu jatuh pada kamar seukuran 1,5 meter persegi. Juga di atas pohon.

Apa yang dilakukan Baredha ternyata bukan satu-satunya yang bisa ditemukan di India. Ide hidup di pohon untuk lari dari problematika keluarga juga dilakukan sejumlah orang selain Baredha. Menurut BBC, di India juga ada seorang pria berusia 45 tahun yang tinggal di pohon. Tapi prestasinya belum sehebat Baredha lantaran baru menjalani 10 tahun terakhir ini di atas pohon. Aneh ya? (na-str/iol)