Mattel Tarik Lagi Ratusan Ribu Mainan Buatan China

Komisi Keamanan Produk-Produk Konsumsi Masyarakat di Amerika Serikat dan produsen mainan anak-anak Mattel kembali mengumumkan penarikan sekitar 850. 000 produk mainan buatan China.

Mainan anak-anak yang akan ditarik terdiri dari 11 jenis produk, termasuk produk mainan asesoris untuk boneka Barbie, Geo Trax Locomotive dan Big big World 6-in-1 Bongo Band yang diproduksi oleh perusahaan Fisher-Price.

Produk mainan tersebut ditarik karena cat yang digunakan untuk mainan itu mengandung timah yang berlebihan, yang bisa membahayakan kesehatan anak-anak. Penarikan ini merupakan penarikan besar-besaran yang ketiga kalinya dilakukan Mattel.

Sebelumnya, pada 14 Agustus kemarin, Mattel sudah menarik sekitar 19 juta mainan anak-anak buatan China, karena mengandung zat kimia berbahaya atau terdapat magnet dengan ukuran kecil yang bisa tertelan oleh anak-anak.

Pada 1 Agustus, divisi Fisher-Price menarik 1, 5 juta mainan untuk anak-anak pra sekolah yang menampilkan karakter Dora the Explorer, Big Bird dan Elmo.

Dalam keterangan pers terakhir bulan Juli kemarin, Chief Executive Robert Eckert memang sudah mengingatkan bahwa Mattel kemungkinan akan melakukan penarikan lagi setelah melakukan tes ulang terhadap sejumlah produk mainan dan setelah melakukan investigasi ke sejumlah pabrik di China. (ln/aljz)