Menhan AS: Rencana Serang Iran Merupakan Persiapan Rutin

Menteri Pertahanan AS Robert Gates menyatakan, persiapan untuk melakukan serangan militer ke Iran merupakan "rencana darurat" yang rutin dilakukan kementerian pertahanan.

Ia mengungkapkan hal itu pada para wartawan dalam penerbangan menuju Washington. Menurutnya, persiapan rutin untuk menghadapi kemungkinan melakukan serangan ke Iran dilakukan bersamaan dengan persiapan ratusan skenario lainnya sebagai opsi operasi militer ke Negara Para Mullah itu.

"Pentagon sedang menyiapkan operasi ofensif dan menghancurkan, " kata tegas Gates.

Ia menambahkan, sejak Gedung Putih berkomitmen untuk menggagalkan program nuklir Iran, Pemerintahan Bush sudah memfokuskan kebijakan untuk menekan Iran baik secara diplomatik maupun dari sisi ekonomi.

Sementara itu, sanksi baru yang dijatuhkan pemerintahan Bush terhadap Iran, memicu perdebatan sengit antara politisi kubu Partai Republik dan Partai Demokrat. Mayoritas para politisi dari Partai Demokrat mengecam sanski Bush terhadap Iran.

"Saya mendapatkan pelajaran yang jelas dari perang Irak. Jika Anda memberikan satu inci pada presiden ini, dia akan mengambil satu mil dan akan mengobarkan perang, " kata John Edwards, kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Di sisi lain politisi dari Partai Republik menganggap kalangan Demokrat terlalu meremehkan masalah Iran dan tidak memahami bahaya yang akan muncul jika Iran terbukti membuat senjata nuklir.

Sedangkan Iran, malah balik menantang AS dan mengatakan bahwa serangan AS ke Iran akan menemui kegagalan. (ln/iol/presstv)