Menlu Turki Tolak ISIS Sebagai Teroris : Rezim Suriah dan Irak Penyebab Masalahnya

menlu turkiMenteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu dari Turki membela Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) dari tuduhan terorisme, ia bahkan menyalahkan  pemerintah Irak dan Suriah atas kekerasan yang terjadi saat ini di wilayah tersebut, menurut laporan dari Özgür Gundem.

Komentar itu muncul di tengah serangan ISIS di Kurdistan Irak selama lima hari terakhir yang telah membuat ratusan ribu komunitas  Yezidi, Kristen dan Syiah mengungsi dari  wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki membuat komentarnya  pada program televisi di mana ia tampaknya membela ISIS dari tuduhan “terorisme” atau label “radikal”. Davutoglu mengatakan kepada pemirsa bahwa “struktur seperti ISIS dapat tampak seperti struktur milisi  radikal . Didalam strukturnya ada kebanyakan orang Arab Sunni, dan  sejumlah besar warga Turkmens.

Dia melanjutkan , sementara banyak pihak terlalu cepat menuding ISIS sebagai teroris, sebenarnya rezim Suriah dan Irak-lah  yang sebenarnya penyebab masalah, ia mengatakan jika Sunni Arab tidak  dikecualikan di Irak, propinsi Mosul dan Anbar tidak akan marah seperti saat ini. Seperti di Suriah ada  kelompok minoritas yang hanya mewakili 12% dapat menguasai mayoritas  masyarakat , bila saja itu tak terjadi maka kejadiannya  tidak akan  seperti ini. Ada komunitas mayoritas yang marah yang sudah bersabar  hingga batas tertentu. ” (JL/KH)