Olmert dan Peretz Sepakat Pembagian Koper Menteri

Pejabat PM Israel Ehud Olmert berhasil mencapai kesepakatan semi resmi dengan Ketua Partai Buruh Israel Amir Peretz terkait dengan pembagian “koper” menteri di pemerintahan koalisi yang akan dibentuk Olmert awal Mei nanti.

Radio Israel mengatakan, kesepakatan kedua belah pihak ini dicapai dalam pertemuan rahasia antara Olmer dan Peretz pada hari Kamis (20/04/06). Berdasarkan kesepakatan ini, kata radio Israel, Partai Buruh mendapatkan 7 koper menteri termasuk menteri pertahanan yang akan dijabat Peretz sendiri kemudian menteri pendidikan dan pertanian.

Partai Kadima – partai baru pimpinan Olmert yang memenangi pemilu Israel akhir Maret lalu – menolak dengan keras permintaan Partai Buruh untuk mendapatkan koper menteri keuangan. Imbalannya, Patai Buruh menolak bila hanya diberi 5 menteri saja di dalam pemerintah baru nanti.

Berdasarkan undang-undang Israel, jumlah menteri dalam pemerintahan sebanyak 18. Namun semua pemerintah Israel sebelumnya membentuk kebinet dengan jumlah menteri selalu melebihi dari jumlah yang ditetapkan undang-undang.

Radio Israel mengisyaratan, berdasarkan kesepakatan ini berarti Olmert telah menjadikan Partai Buruh sebagai sekutu strategis yang menjamin stabilitas koalisi pemerintah sampai akhir periode dewan legislatif sampai 4 tahun setengah mendatang.

Radio Israel menjelaskan, tim kerja kecil yang terdiri dari Partai Kadima dan Partai Buruh akan bertemu mulai Sabtu (22/04/06) hingga beberapa hari mendatang untuk menetapkan isyarat akhir mengenai kesepakatan masalah program-program ekonomi dan sosial untuk koalisi pemerintah. (was/aljzr)