Partai Keadilan dan Pembangunan Turki Optimis Raih 2/3 Kursi Parlemen

Perdana Menteri Turki Recep Thayeb Erdogan optimis perolehan suara untuk Partai Keadilan dan Pembangunan dalam pemilu kali ini, bisa melebihi 40% suara.

Bila terbukti, maka Pemilu parlemen Turki yang akan digelar pekan depan ini, akan memberikan dua pertiga kursi parlemen untuk PKP dan otomatis partai tersebut bakal bisa membangun kabinet sendirian, mengulangi sukses perolehan suara yang pernah didapat Partai beraliran Islam itu pada pemilu sebelumnya.

Erdogan, di hadapan massanya yang berjumlah sekitar satu juta orang di Istanbul mengatakan, “Insya Allah, kita akan meraih suara lebih dari 40%, sehingga kita bisa membangun pemerintahan sendiri sekali lagi.”

Sementara itu, menurut polling pendapat yang dilakukan oleh pihak PKP untuk memprediksi kemenangannya pada pemilu 22 Juli mendatang, memang menunjukkan bahwa mereka akan memperoleh mayoritas suara.

Diperkirakan, PKP akan memenangkan suara di setiap daerah pemilihan tidak kurang dari 10% suara. Sedangkan total 550 anggota parlemen akan mewakili 85 daerah pemilihan, yang tersebar di 81 kota di Turki. Jika PKP tidak memperoleh minimum 10% di setiap daerah pemilihan, maka suara itu akan dipindahkan ke partai yang mengantungi suara lebih dari 10%.

Dalam sistem politik Turki, ada dua partai saja di parlemen pusat yakni Partai Keadilan dan Pembangunan yang memperoleh 323 kursi, dan Partai Rakyat Demokratik sebagai oposisi yang beraliran sekuler dengan 178 kursi. Sementara sisanya, 9 kursi, diisi calon independen.

Untuk menarik suara dukungan, Erdogan menyatakan pihak PKP akan mendorong perekonomian yang sudah ada guna melanjutkan stabilitas ekonomi dan politik di Turki. “Sudah terbukti, dalam fase kepemimpinan kami, perekonomian nasional meningkat dari 181 milyar dolar menjadi 400 milyar dolar, ” ujarnya. (na-str/iol)