free hit counters
 

Pemerintahan Obama Kepada Kongres AS : Penggulingan Mursi Bukan Kudeta !

Redaksi – Jumat, 26 Juli 2013 08:42 WIB

obama benderaPemerintahan Obama mengatakan kepada parlemen AS Kamis bahwa penggulingan di Mesir bukan Kudeta , pejabat AS mengatakan, hal ini memungkinkan AS untuk terus memberikan $ 1,5 miliar bantuan militer kepada Militer Mesir setiap tahunnya di negara yang paling padat penduduknya di dunia Arab.

William Burns, Departemen Luar Negeri AS , mengadakan pertemuan tertutup dengan anggota parlemen AS  sehari setelah Washington menunda pengiriman empat F-16 jet tempur ke Mesir. Itu adalah tindakan pertama AS sejak militer menggulingkan Mohammed Mursi sebagai presiden.

Pemerintah tidak menyatakan adanya kudeta di Mesir , dan Washington khawatir bahwa dengan menghentikan bantuan pendanaan tersebut ke Mesir ,  bisa membahayakan program AS yang membantu mengamankan perbatasan Israel dan bahaya banyaknya penyelundupan senjata ke Hamas di Gaza.



 

Banyak pihak di Kongres bersimpati dengan pandangan pemerintahan untuk mendukung militer Mesir  yang terikat dengan perdamaian Mesir dengan Israel selama tiga dekade.

Pentagon pekan ini mengatakan AS tetap melanjutkan latihan militer bersama Mesir di tahun ini. Manuver dua tahunan dibatalkan pada tahun 2011 setelah revolusi yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak dan digantikan Mursi dari Ikhwanul Muslimin .

Selama Mubarak berkuasa dalam tiga dekade, Mesir merupakan sekutu utama Amerika Serikat di dunia Arab  untuk memerangi “terorisme” Islam. (Arby/Dz)

Dunia Islam Terbaru