Obama Tunda Serangan AS Ke Suriah

Presiden AS Barack Obama mengatakan ia telah memutuskan untuk mengambil tindakan militer terhadap Suriah , tetapi ia  meminta persetujuan dari Kongres AS dahulu.

Obama mengatakan pada hari Sabtu bahwa AS telah mendapatkan bukti  ” kasus yang kuat ” yang menghubungkan rezim  Bashar al – Assad dengan  serangan senjata kimia di pinggiran kota Damaskus pekan lalu .

” Ini adalah bahaya bagi keamanan nasional kita , ” katanya , ” Dan risiko mengolok-olok pelarangan global terhadap penggunaan senjata kimia ” .

Dalam pernyataan singkat yang disampaikan di Gedung Putih , Obama mengatakan kepada wartawan bahwa militer AS siap untuk meluncurkan serangan ” terbatas ” .

obama-pusing” Saya yakin kita bisa menekan rezim Assad  yang bertanggung jawab dalam penggunaan senjata kimia dan mencegah perilaku semacam ini dan menurunkan kapasitas kemampuan mereka untuk melaksanakannya , ” katanya .

Senator Harry Reid mengatakan mereka akan menyelenggarakan pemungutan suara atas  otorisasi penggunaan kekuatan militer terbatas selambat-lambatnya hari minggu tanggal 9 September.

Reid mengatakan Senat akan mengadakan dengar pendapat publik mengenai masalah ini di pekan depan dengan pejabat senior pemerintahan Obama.

” Saya percaya penggunaan kekuatan militer terhadap Suriah adalah baik dibenarkan dan diperlukan , ” kata Reid dalam sebuah pernyataan , mengatakan Assad telah melakukan ” kekejaman ” terhadap warga sipil dengan serangan senjata kimia .

Ada beberapa reaksi kritis dari anggota parlemen , terutama Senator John McCain dan Lindsey Graham ,  mereka tidak akan mendukung serangan militer yang tidak menghasilkan penggulingan Assad .

Sebelumnya pada hari Sabtu , Presiden Rusia Vladimir Putin menuntut agar AS memberikan bukti yang kuat atas dugaan penggunaan  senjata kimia oleh Suriah kepada  Dewan Keamanan PBB . (Aljazeera/KH)