Shimon Perez Minta PBB Hukum Ahmadinejad

Mantan PM Israel dan anggota Partai Kadima, Shimon Perez, meminta PBB untuk mengeluarkan sangsi terhadap Iran. Tuntutan itu disampaikan terkait ancaman tegas yang disampaikan presiden Iran Ahmadinejad, terhadap Israel. Perez menyebut Ahmadinejat sebagai “presiden tidak waras” karena telah melontarkan ancaman keras terhadap negaranya.

Presiden Iran Ahmadinejad memang telah berulangkali menyampaikan pernyataan keras terhadap Israel yang hingga kini masih menduduki tanah Palestina. Dalam pernyataannya di depan peserta Konferensi Solidaritas Palestina di Teheran, Jum’at pekan lalu, ia mengatakan, “Zionis ibarat pohon yang sudah layu dan akan segera tumbang jika ditiup angin.” Pada kesempatan sebelum itu, Ahmadinejad juga pernah menyatakan konsep pelenyapan Israel dari peta bumi.

Perez mengatakan, Ahmadinejad akan menemui nasibnya sebagaimana Presiden Irak Saddam Husein. “Tak ada jalan lain bagi PBB kecuali harus mengambil sikap tegas terhadap masalah ini,” katanya. “Iran adalah negara yang statusnya anggota PBB, telah mengancam penghancuran negara lain yang juga anggota PBB,” tambahnya.

Iran sendiri memang telah menuai kecaman dari berbagai pihak di Barat terkait pernyataannya soal Holocaust. Dan menurut Perez, Ahmadinejad memang benar-benar ancaman berbahaya bagi eksistensi Israel. “Ahmadinejad adalah wujud syaitan, bukan wujud tuhan,” kata Peres. Ia meminta PBB segera mengadili Presiden Iran terkait pernyataan-pernyataannya yang keras terhadap Israel. “Dunia harus bersatu menghadapi Presiden Iran,” tandasnya. (na-str/bbc)