Syekh Al-Munjid: Haram Membuat Boneka Salju

snowman55Eramuslim.com – Turunnya butiran salju di wilayah perbatasan utara Arab Saudi pada pekan lalu, menjadi perbicangan hangat kalangan ulama Saudi mengenai hukum pembuatan boneka salju yang banyak dilakukan oleh masyarakat Eropa ketika musim dingin tiba.

Dalam fatwa yang telah dikeluarkan Sheikh Muhammad Al-Munjid sejak 2 tahun lalu menyatakan bahwa pembuatan boneka salju hukumnya adalah “haram”.

Sheikh Muhammad Al-Munjid beralasan bahwa hukum pembuatan boneka salju adalah haram karena perbuatan tersebut seperti membuat gambar atau patung manusia yang dilarang oleh Nabi Muhammad.

“Tidak diizinkan untuk membuat boneka salju, bahkan dalam rangka bermain atau bersenang-senang,” ujar Sheikh Selasa (13/1/2015).

Beberapa bloger Arab Saudi mendukung fatwa itu. Mereka juga sependapat bahwa membuat boneka salju bukan bagian dari budaya Timur Tengah.

Sementara itu dalam akun Twitter miliknya, editor Arab di kantor berita BBC, Asher Sebastian, mengkritik fatwa yang dikeluarkan Sheikh Muhammad Al-Munjid sejak 2 tahun lalu. (Bbcarabic/Ram)

———————–

Artikel ini bekerjasama dengan Eramuslim Digest :Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest