Turis Asing Padati Konya Turki, Peringati 748 Tahun Wafatnya Jalaludin Rumi

“Setelah 20 tahun mengenal Rumi, dia menggiring saya dan seluruh keluarga saya ke sini tahun ini,” kata dia, menambahkan bahwa setiap menit kehadiran Rumi seperti momen ketenangan.

Sepasang suami istri asal Inggris, Simon dan Gayle Clark, terkesan dengan pertunjukan tarian darwis berputar yang diadakan sebagai bagian dari acara peringatan “Seb-i Arus,” atau “malam pernikahan”, yang menandai wafatnya Rumi.

Ritual Sema, yang dinyatakan sebagai salah satu Mahakarya Warisan Budaya Lisan dan Kemanusiaan oleh UNESCO, dilakukan oleh anggota Ordo Mevlevi — juga dikenal sebagai Ordo Darwis Berputar — yang didirikan oleh pengikut Rumi setelah kepergiannya.

“Saya tidak begitu mengerti (ritual) sampai saya datang ke sini, latar belakangnya,” kata Gayle, tetapi mencatat bahwa pertunjukan yang dia tonton sangat memukau dan membantunya memahami konsep spiritualisme Rumi.

Seorang pensiunan polisi Simon mengatakan bahwa dia telah melihat banyak komunitas Muslim di kota Leicester tetapi tidak memiliki kontak dengan mereka, sementara pengalamannya di Konya, Turki, adalah peningkatan dan membantunya melihat aspek lain dari Islam.

Manuela Gherghel dari Rumania mengatakan dia tidak pernah mengira pengaruh Rumi di berbagai geografi sebesar itu dan dia terkejut melihat begitu banyak orang dari budaya dan negara yang berbeda memberikan penghormatan kepadanya melalui makamnya.

“Saya tahu dia adalah seorang guru spiritual dan memiliki pengaruh besar, tetapi saya tidak tahu bahwa pengaruhnya begitu besar,” kata Gherghel, seorang guru bahasa Prancis berusia 57 tahun.

Dia lebih lanjut mencatat bahwa ritual itu adalah peristiwa penuh teka-teki yang membantunya berpikir tidak hanya tentang Tuhan tetapi juga “roda keberadaan” yang mengelilingi setiap manusia, menambahkan bahwa dia sudah dikenal di Rumania, sebagian besar sebagai penyair, dengan sebagian besar karyanya sudah diterjemahkan.

Wali Ismael, 28, melakukan perjalanan jauh dari Malaysia untuk memberikan penghormatan kepada Rumi dan mengatakan tasawuf cukup besar di negaranya karena banyak orang menghormati ajaran aliran pemikiran ini.

Ismael, seorang petani, mengatakan, “Spiritualisme dan mistisisme adalah bagian dari Islam, jadi datang ke tempat terkemuka seperti ini cukup baik bagi saya.”

Dia mengatakan Sufi Turki ini adalah seorang penyair terkenal secara global dan semangat untuk seni yang berhubungan dengan tasawuf dan ajarannya mendorong banyak orang ke Turki dan dia senang menjadi salah satu dari mereka.[ihram]