Turki dan Inggris Siap Melawan rezim Suriah Meskipun Tanpa Persetujuan Dewan Keamanan PBB

davidOgluSetelah pemberitaan tentang penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad di Suriah, Inggris dan Turki menyatakan kesiapan mereka untuk bergerak melawan rezim Suriah meksipun hal tersebut tanpa persetujuan dari Dewan Keamanan PBB.

Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague pada hari Senin mengatakan, apakah mungkin menaggapi senjata kimia tanpa keterlibatan Dewan Keamanan PBB? Maka saya katakan: “ya”, jika tidak maka respon terrhadap kejahatan yang mengerikan ini menjadi tidak mungkin, dan saya tidak yakin sikap ini dapat diterima.”katanya Menurut radio Inggris.

Sementara itu, menteri Luar Negeri Turki. Ahmad Davutoglu mengatakan negaranya akan bergabung dengan aliansi apapun untuk melawan Suriah meskipun Dewan Keamanan PBB belum mencapai konsesus dalam hal ini.

Dalam Surat kabar Miliyet, ia menambahkan,”kami selalu memberikan prioritas kepada masyarakat Internasional melalui keputusan PBB, tetapi jika hal tersebut tidak terwujud maka alternatif lainnya akan masuk dalam Agenda. (hr/im)