Vatikan Kecilkan Niat Mujahidin Suriah : Mereka Tertarik Berjihad karena Iming Iming Keuangan dan Bukan Ideologis

utusan pausGenerasi muda Suriah yang tertarik bergabung dengan Negara Islam radikal Irak dan Suriah (ISIS) dikarenakan mereka  tertarik atas   prospek dan iming-iming keuangan , dan bukan dari kesamaan “keyakinan ideologis,” kata utusan Paus di Suriah pada hari Sabtu.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Vatikan, Mario Zenari – yang menetap di Suriah sepanjang konflik berdarah – mengatakan dia yakin bahwa para militan muda bergegas untuk bergabung dengan barisan mereka (Islamic State)  bukan dari ketertarikannya akan  “keyakinan ideologis.”

“Mereka itu frustasi  terhadap  cita-cita demokrasi dan kebebasan yang tidak berkembang , dan situasi buruk ini telah  menemui jalan buntu,” katanya.

“Mereka pergi ke para jihadis karena  (para jihadis) lebih efisien dan juga kadang-kadang karena mereka mendapatkan dukungan ekonomi yang lebih besar.”

Munculnya ISIS juga telah mengirimkan alarm peringatan bagi negara Barat bahwa  warga negara dari negara-negara Eropa telah bergabung dengan barisan ini.

“Suriah telah menghilang dari radar  masyarakat internasional, telah dilupakan,” katanya, menunjukkan bahwa masih ada rata-rata 180 kematian per hari di negeri ini.

Militan jihadis  masih sangat aktif di Suriah, dan saat ini menguasai  Aleppo,  tambahnya.(Arby/Dz)