Erdogan; Intelejen Suriah Bertanggung Jawab Atas Serangan Bom 10 Oktober Lalu

Erdogan-2Eramuslim – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding mata-mata Suriah, Partai Buruh Kurdistan dan milisi Negara Islam bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri yang menyebabkan sedikitnya 97 orang tewas dan 128 lainnya terluka.

Pernyataan ini dikatakan Erdogan dalam sebuah pernyataan resmi kantor kepresidenan pada Kamis (22/10) malam, menaggapi belum adanya kelompok bersenjata yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Serangan di depan stasiun menunjukkan, bagaimana teror bisa dilakukan bersama-sama. Ini adalah serangan terorisme kolektif,” ujar Presiden Erdogan dalam keterangannya.

Erdogan menambahkan, “PKK, ISIS, Mukhabarat (intel Suriah), dan PYD (Partai Demokratik Kurdi), semuanya terlibat dalam aksi berdarah tersebut. Jelas mereka merencakan operasi ini bersama-sama, dan mempunyai peran masing-masing diantaranya.”

Serangan bom ganda pada 10 Oktober lalu menargetkan aksi kampanye damai yang diadakan oleh massa pro Kurdi dan kelompok liberal untuk meminta militer Turki dan kelompok bersenjata berhenti berperang. (Rassd/Ram)