Peringatan 16 Tahun Intifadah Al Aqsha

peringatan-intifadahEramuslim – Jum’at 30 september 2016, ribuan warga Palestina turun memperingati 16 tahun meletusnya Intifadah jilid II yang dikenal dengan nama “Intifadah Al Aqsha”, dan 1 tahun Intifadah jilid III yang dimulai pada 1 Oktober 2015.

Ribuan warga Palestina di Jalur Gaza tumpah ruah ke jalan paska pelaksanaan Shalat Jum’at di mulai dari depan Masjid Khalifa di wilayah Jabaliya, utara Jalur Gaza, sambil membawa bendera hijau “Hamas”.

Dalam keterangan terpisah peringatan Intifadah jilid II dan III pada Kamis (29/09) malam, anggota Biro Politik gerakan perlawanan Islam Palestina “Hamas”, Mahmoud al-Zahar, menekankan bahwa Palestina akan segera memetik buah Intifadah Al Quds yang telah berlangsung sejak 1 tahun lalu.

Intifadah Al-Aqsa atau disebut juga Intifadah Palestina kedua adalah konflik berdarah Zionis Israel-Palestina yang dimulai pada 29 September tahun 2000 ketika Perdana Menteri Israel Ariel Sharon beserta 1.000 orang lainnya memasuki lingkungan Masjid Al-Aqsa. Intifadah jilid II berakhir pada 8 Februari 2005 setelah kedua pihak setuju berdamai.

Berikut dokumentasi peringatan 16 tahun Intifadah jilid II Palestina:

peringatan-intifadah-1

peringatan-intifadah-2

peringatan-intifadah-3