IDMC: 38 Juta Orang di Seluruh Dunia Mengungsi Akibat Konflik

pengungsi Yarmouk 1Eramuslim.com – Ada sekitar 38 juta orang di seluruh dunia saat ini yang terlantar di tanah air mereka sendiri akibat konflik dan kekerasan. Begitu laporan terbaru yang disebutkan dalam tinjauan global 2015 yang dirilis oleh kelompok pengawas pengungsi internal, Jenewa Monitoring Center (IDMC) seperti dimuat Press TV (Rabu, 6/5).
Dalam laporan itu disebutkan bahwa hampir sepertiga dari pengungsi internal itu, atau sekitar 11 juta orang terpaksa melarikan diri dari rumah mereka sepanjang tahun 2014 dengan rata-rata ada 30 ribu orang yang melarikan diri dari rumahnya setiap hari.
IDMC mengatakan bahwa jumlah pengungsi di seluruh dunia pada tahun 2014 meningkat sebesar 14 persen bila dibandingnya dengan tahun sebelumnya. Dalam laporan yang sama disebutkan bahwa 60 persen dari para pengungsi internal baru pada tahun lalu berasal dari lima negara, yakni Irak, Sudan Selatan, Suriah, Nigeria dan Republik Demokratik Kongo.
Sementara itu negara yang tercatat menyumbang paling banyak pengungsi internal pada tahun lalu adalah Irak dengan 2,2 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena menyelamnatkan diri dari ancaman kelompok militan ISIS.  Sedangkan di Suriah, ada lebih dari satu juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka pada tahun lalu. (rz/RMOL)