Aksi Solidaritas Palestina "ISRAEL MENGHINA DUNIA"

penembakan terhadap aktivis kemanusiaan

JAKARTA (31/05)—Tragedi penembakan tak berperikemanusiaan yang dilakukan Angkatan Laut Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan Marvi Marmara yang sedang berlayar membawa 10 ribu ton bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza, memancing kemarahan dunia. Kita mengecam keras tindakan brutal militer Israel yang menembaki kapal dan menerjunkan pasukan menyerbu secara membabi-buta kapal yang berisi para relawan dari 50 negara yang sama sekali tak bersenjata.

Sebagaimana diketahui, Senin (31/5), militer Israel menyerang kapal yang berisi bantuan dan aktivis kemanusiaan bagi rakyat Palestina yang kini tengah diblokade oleh Israel. Sedikitnya 16 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka (sumber: Vivanews). Kapal diketahui mengangkut 750 aktivis kemanusiaan dan sejumlah anggota parlemen dari sejumlah negara. Rombongan terdiri dari organisasi rakyat dari lebih 50 negara di bawah koordinasi IHH (Insani Yardim Vakfi), yang berbasis di Turki.

“Hari ini adalah hari berkabung bagi seluruh relawan dan pegiat kemanusiaan seluruh dunia. Kami menyebutnya sebagai Black Monday atau Senin Hitam bagi sejarah kemanusiaan dunia,” ungkap Direktur Program Dompet Dhuafa, Arifin Purwakananta di Jakarta, Senin (31/5), di tengah rapat guna membahas aksi dengan sejumlah organisasi kemanusiaan.

Arifin menegaskan bahwa kegiatan bantuan kemanusiaan dilindungi oleh hukum internasional, oleh karenanya, apa yang dilakukan oleh militer Israel adalah sebuah pelecehan dan penghinaan terhadap hukum internasional. “Penembakan kepada relawan kemanusiaan merupakan hal yang melanggar nilai kemanusiaan dan hukum International,” tandasnya. Lebih lanjut, dia menghimbau seluruh aktivis kemanusiaan mengenakan pita hitam sebagai tanda berkabung dan wujud keprihatinan atas tragedi kemanusiaan ini.

Menanggapi sikap brutal tentara Israel ini, Dompet Dhuafa bersama sejumlah lembaga kemanusiaan yang selama ini concern dengan isu Palestina akan menggalang aksi mendukung perjuangan aktivis kemanusiaan yang saat ini telah berangkat ke Gaza, dan serempak mengecam tindakan brutal Israel ini.

Aksi solidaritas ini akan dilaksanakan di Bundaran HI, Selasa (01/06) pagi besok mulai pukul 06.30 WIB. []

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

PR Manager Dompet Dhuafa
Baskoro Adiwiyono

0818 999 135 / 021-98713862