Anggaran Pertahanan Negara-Negara Dunia

Eramuslim – Sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu negara dikatakan kuat apabila memiliki teknologi persenjataan yang canggih sehingga negara-negara lain gentar untuk menekan ataupun sekedar berselisih paham.

data anggaran pertahanan

Contohnya adalah Amerika Serikat dan Rusia yang telah banyak menghabiskan uangnya untuk memperbaharui alutista mereka.

Lalu negara mana saja dengan anggaran belanja pertahanan terbesar di dunia? Berikut ulasannya untuk anda:

Amerika Serikat

Selain menjadi negara penjual senjata nomor satu di dunia, Amerika Serikat juga telah menginvestasikan banyak uangnya di bidang pertahanan agar menjadi negara nomor satu di bidang pertahanan, sehingga dengan mudah kita dapat menemukan berbagai produk senjata Amerika Serikat di banyak belahan negara dunia.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya uang yang dikeluarkan untuk anggaran pertahanan, dimana di tahun 2015 kemarin pemerintah AS telah menghabiskan dana sebesar 595 miliar dolar AS dalam APBN.

Jumlah tersebut jauh berkurang dengan anggaran pertahanan tahun 2014 yang mencapai angka 625 miliar dolar AS.

Cina

Ditengah pengurangan anggaran militer yang dilakukan banyak negara-negara dunia, Cina justru melakukan kebijakan terbalik dengan menaikan anggaran pertahanan sebesar 7,6% di tahun 2016, atau yang berarti menjadi 155 miliar dolar AS dari yang sebelumnya 144 miliar dolar AS.

Inggris

Kerajaan Inggris berada di posisi ketiga dunia dengan anggaran pertahanan sebanyak 66,54 miliar dolar AS ditahun 2015. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan anggaran pertahanan 2014 sebesar 66,53 miliar dolar AS. (Skynewsarabia/Ram)