Ini Peringatan Keras dari Iran untuk Negara yang Bantu Israel

eramuslim.com – Iran memperingatkan negara manapun yang membantu Israel melancarkan serangan terhadap Iran akan menghadapi konsekuensi serius. Pernyataan itu disampaikan Menteri Pertahanan Republik Islam, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani pada Minggu, (14/4/2024) pagi ketika Republik Islam itu melancarkan serangan besar-besaran ke Israel.

“Negara mana pun yang membuka wilayah udara atau tanahnya bagi Israel untuk menyerang Iran akan menerima tanggapan tegas kami,” kata Ashtiani sebagaimana dilansir RT.

Misi Iran di PBB juga menuntut agar Amerika Serikat (AS) “menjauhi” konflik antara Teheran dan Yerusalem Barat. Ini adalah masalah bilateral, kata misi tersebut dalam sebuah pernyataan di X (sebelumnya Twitter) pada Senin, (8/4/2024) malam. Republik Islam mempunyai hak untuk memberikan tanggapan berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB, yang memberikan setiap negara hak untuk membela diri, kata pernyataan itu, menunjuk pada “agresi Israel terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus.”

Sebelumnya, Teheran mengonfirmasi bahwa mereka meluncurkan beberapa kendaraan udara tak berawak (UAV) ke Israel dan mengumumkan serangan rudal dalam waktu dekat. Militer Israel melacak lebih dari 100 drone yang menuju ke negara tersebut, media lokal melaporkan, menambahkan bahwa UAV tersebut diperkirakan akan mencapai Israel “dalam beberapa jam” dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan berupaya untuk mencegat mereka di udara.

Perkembangan tersebut mendorong beberapa negara Timur Tengah, termasuk Yordania dan Lebanon, menutup wilayah udaranya. Amman juga mengumumkan keadaan darurat.

Sasaran serangan tersebut masih belum jelas. Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menyebut serangan itu sebagai pembalasan terhadap “banyak kejahatan” Israel, termasuk serangan awal April yang menargetkan konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus.

Serangan itu menewaskan tujuh perwira Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, termasuk dua jenderal, dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan akan ada tanggapan. AS memperingatkan Israel pada Jumat, (12/4/2024) bahwa Teheran dapat melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel pada akhir pekan.

 

(Sumber: Okezone)

Beri Komentar