Iran Bersumpah Selalu Dukung Pemberontak Syiah Houthi di Yaman

A picture taken on August 20, 2010 showsEramuslim – Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian mengatakan, Iran tidak akan membiarkan kekuatan regional Islam yang berada di bawah pimpinan membahayakan kepentingan Iran di Yaman. Pernyataan Hossein itu dilaporkan oleh Kantor berita Iran, Tasnim. Ini berarti Iran bertekad akan terus dukung pemberontak syiah Houthi yang memang sama-sama beragama syiah.
Walau demikian, Iran masih saja membantah tuduhan dari negara-negara Barat dan Arab bahwa pihaknya mempersenjatai pemberontak dari kalangan Syiah Houthi di Yaman, wala jenderal mereka terang-terangan telah menyatakan memberikan Syiah Houthi senjata dan mengirim milisi Hizbullah Lebanon ke Yaman untuk membantu Houthi.
‘’Pihak lain tidak akan diizinkan untuk menempatkan keamanan mereka karena bersama dengan adanya risiko serangan militer,” katanya seperti dikutip Tasnim dalam artikel yang diterbitkan pada hari Sabtu, (2/5).
Awal pekan ini, Arab Saudi mengatakan, jet koalisi menghancurkan landasan pacu di Sana’a, Yaman untuk mencegah pesawat kargo Iran mendarat di sana. Arab Saudi yang melihat dirinya sebagai penjaga Islam Suni telah lama bersaing dengan Iran yang didominasi Syiah untuk memberikan pengaruh utama di kawasan itu.
Koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah melakukan serangan udara di Yaman sejak akhir Maret untuk memerangi Houthi dan sekutu mereka. Kelompok Houthi berhasil memaksa Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi dan pemerintahannya diasingkan di Riyadh, Arab Saudi. Di satu sisi, entah kenapa syiah Iran tidak mengakui Hadi sebagai pemerintah yang sah dan menggambarkan serangan Arab Saudi sebagai intervensi dalam urusan internal Yaman.(rz)