James Warren: Sudah 36 Tahun Amerika Pecah Belah Dan Hancurkan Timur Tengah

Invasi Irak 2003Eramuslim – Penulis kenamaan asal James Warren menyatakan bahwa sudah 36 tahun Amerika Serikat berhasil memecah belah dan menghancurkan Timur Tengah, pasca runtuhnya Uni Soviet pada era tahun 90 an.

“Sudah 36 tahun Amerika Serikat berjuang untuk membentuk nasib dunia Islam di Timur Tengah, Asia Barat Daya, Asia Tenggara, Afrika dan Balkan, akan tetapi semua upaya ini gagal,” tulis James Warren dalam artikel terbitan majalah The Daily Beast.

James Warren melanjutkan, “Setelah bubarnya Uni Soviet di era 90 an Amerika Serikat berpaling dari Balkan menuju Timur Tengah dengan arogansi kekuasaan bahwa mereka memiliki hak untuk membentuk kembali suatu daerah seperti keinginan mereka.”

Akan tetapi semua ini gagal sejak pertama kali dimulai pada era Presiden AS Jimmy Carter. Dan konflik dan kekacauan besar yang saat ini kita lihat adalah hasil dari perang kecil AS yang dimulai sejak 3 dekade lalu, ujar James Warren.

Menurut Waren, AS tidak memandang negara-negara Arab di kawasan Timur Tengah sebagai sekutu yang akan dibantu terbebas dari rezim diktator. Akan tetapi Arab adalah sebuah sumber imperialis untuk mendominasi dunia, yang tentunya dengan minyak.

Apa yang dilakukan AS secara geopolitik di kawasan Timur Tengah bukanlah untuk mencari solusi atas konflik dan pertikaian yang terjadi melainkan mereka justru memperburuk masalah ini, tutup James Warren. (Aljazeera/Ram)