Kaleidoskop Mei 2017

Eramuslim – Mei menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Di bulan ini, kaum Muslimin kedatangan tamu istimewa dimana terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Berikut kejadian penting di bulan Mei 2017;

Indonesia, 1 Mei

Hari Buruh Internasional atau May Day setiap tahun diperingati pada 1 Mei disambut oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) dengan enam tuntutan. Pertama, menolak revisi UU No 13 Tahun 2003, kedua, menolak revisi UU nomor 21 tahun 2000, ketiga, menolak dan melawan segala bentuk kriminalisasi terhadap aktivis buruh, keempat, menolak politik upah murah, kelima, tegakkan hukum tegas kepada kasus ketenagakerjaan, enam, menolak pekerja asing tanpa keahlian.

Amerika Serikat, 9 Mei

Dunia gempar setelah berbagai tulisan “Larangan Muslim” menghilang dari situs resmi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sejak terpilih, Presiden Donald Trump mengeluarkan kebijakan ketat imigrasi yang melarang kedatangan imigran dari tujuh negara mayoritas Muslim masuk ke AS dengan alasan mencegah berkembangnya terorisme yang makin marak sejak kemunculan beberapa kelompok teror, salah satunya ISIS.

Awal diketahui tulisan “Larangan Muslim” lenyap dari situs kampanye Trump yaitu pada saat konferensi pers di Gedung Putih. Seorang wartawan ABC, Cecilia Vega mengajukan pertanyaan kepada Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer tentang menghilangnya tulisan “Larangan Muslim”. Setelah ditelusuri, tulisan itu dihapus oleh bagian administrasi Gedung Putih, lalu menggantinya dengan kata-kata yang tidak tendensius, yaitu “Larangan Perjalanan”.