Kementerian Kesehatan Maroko Keluarkan Travel Warning Haji Dan Umroh Ke Saudi

Muslims Prepare for Annual Hajj in MeccaKementerian Kesehatan Maroko meminta warga lanjut usia dan memiliki penyakit kronis untuk menunda perjalanan Haji dan Umrah di tahun 2014 ini, dalam pengumuman resmi hari Rabu (11/06).

Dalam pernyataan resminya, Kemenkes meminta penundaan pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah bagi orang berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit kronis seperti yang dianjurkan dalam Islam.

Mereka beralasan bahwa penundaan ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit Mers Corona yang kini mewabah di Arab Saudi.

Selain itu Kemenkes juga meminta peziarah Umroh dan Haji asal Maroko untuk mematuhi pedoman kesehatan yang diterapkan, sebagai upaya untuk mengurai resiko penyebaran infeksi pernapasan menular Mers Corona dan infeksi pernapasan menular lainnya.

Hal ini juga direkomendasikan bahwa pelayanan terinfeksi “penyakit HIV bawaan dan diperoleh, dan onkologi, wanita hamil dan anak-anak”, untuk “resort ke pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat bila diperlukan selama kinerja ritual dan setelah kembali ke tanah air.”

Sebelumnya status travelwarning juga pernah dikelarkan Deprtemen Kesehatan Tunisia pada 22 Mei lalu, Depkes Tunisia menyatakan warga lanjut usia dan pemilik riwayat penyakit kronis untuk menunda melakukan umrah dan haji di tahun 2014 ini. (Skynewsarabia/Ram)