Korut Jadikan Tubuh Manusia Tahanan Politik Sebagai Pupuk di Tanah Gersang

Kil Il-soon menambahkan, “Mereka mengubur orang-orang di pegunungan. Suatu kali, seorang anak sedang kencing di pegunungan dan melihat lengan mencuat dari dalam tanah karena mereka lupa untuk menutupinya dengan benar.”

Nona Kim Il-soon membuat pengungkapan mengejutkan kepada Komite Hak Asasi Manusia di Korea Utara (HRNK) setelah dia melarikan diri ke Seoul, Korea Selatan.

Dengan mem-backup buktinya, panitia mencatat bahwa mereka tidak memiliki kesaksian yang menyebutkan krematori di kamp, ​​juga tidak dapat melihat fasilitas seperti itu dalam citra satelit.

Greg Scarlatoiu, direktur eksekutif HRNK, mengatakan kesaksian baru itu berfungsi untuk mengingatkan kita bahwa, bahkan di tengah pandemi, tidak ada kelonggaran dari kejahatan rezim Kim.

“Ini adalah rezim yang telah melestarikan dirinya sendiri dengan melakukan tindakan kekejaman yang tak terbayangkan terhadap rakyat Korea Utara,” katanya.

“Saat dunia sedang berjuang untuk mengatasi krisis COVID-19, rezim Kim Jong-un terus melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, dengan brutal dan mengorbankan rakyatnya sendiri,” tambah Greg Scarlatoiu.

Dalam laporannya yang baru di kamp, ​​HNRK menggambarkan bagaimana tahanan yang sudah mati dibaringkan di lubang yang dangkal, digali dengan terburu-buru dan hanya ditutupi dengan lapisan tanah yang tipis.

Namun, jika terlalu banyak yang mati, para tahanan yang masih hidup ‘menggali lubang sebesar rumah’ untuk kuburan massal, kata nona Kim saat bersaksi.

Sayuran yang ditanam, tambahnya, diberikan kepada para penjaga kamp dan keluarga mereka, dan termasuk kubis, lobak, dan bayam.

Kamp konsentrasi Kaechon, juga dikenal sebagai kamp pendidikan ulang nomor satu, berdiri sekitar 50 mil di utara Pyongyang, dan diperkirakan menahan antara 2.000 dan 6.000 tahanan.

Meskipun kondisi brutal di dalam temboknya, kamp itu sebenarnya adalah salah satu tempat di mana orang-orang dikirim untuk kejahatan yang kurang serius.

Seorang mantan tahanan, Lee Soon-ok, mengatakan kepada komite pemerintah AS pada tahun 2002 bahwa tahanan menghadapi 18 jam hari kerja, berbagi satu toilet antara 300 orang, dan memakan tikus mentah untuk makanan.(*end)