Kuatir Trump, RRC Tingkatkan Kehadiran di Laut China Selatan

Eramuslim.com – Cina segera meningkatkan kemampuan pengamanannya di Laut Cina Selatan. Angkatan Laut People’s Liberation Army (PLA) Cina mendapatkan dana segar cukup signifikan untuk anggaran pertahanan mendatang, Ahad (26/2).

Langkah ini diambil sekaligus untuk menilai dominasi AS di LCS pada era Donald Trump. Kemampuan Angkatan Laut diperkirakan meningkat dalam beberapa bulan kedepan. Dipimpin laksamana yang sedang naik daun, Cina telah menunjukkan giginya.

Kapal induk pertamanya telah dipamerkan saat berlayar melintasi Taiwan beberapa waktu lalu. Termasuk parade beberapa kapal perang yang melesat ke sana kemari.

Seorang diplomat Cina anonim mengatakan tindakan ini tidak lain adalah sikap waspada Cina pada pemerintahan Trump. “Cina khawatir Trump akan tiba-tiba memanaskan situasi, karena ia tidak bisa diprediksi sehingga kami harus siap,” kata dia.

Menurutnya, ini sekaligus kesempatan Cina untuk meningkatkan kemampuan militer di tengah krisis. Beijing tidak memberikan informasi soal peningkatan anggaran belanja angkatan lautnya. Untuk tahun 2016, tercatat 139 milyar dolar AS.

Jumlah ini meningkat hanya 7,6 persen dari anggaran sebelumnya. Cukup mengejutkan karena Cina selalu meningkatkan anggaran sebanyak dua digit persentase dari tahun sebelumnya. Tahun 2016 jadi tahun pertama dengan kenaikan single digit sejak 2010.

Pengamat keamanan, Richard Bitzinger mengatakan Cina sudah diuntungkan dengan peningkatan anggaran dalam 15 tahun terakhir. Senior Fellow and Coordinator of the Military Transformations Programme di S.Rajaratnam School of International Studies Singapore ini mengatakan kini kemampuan mereka sudah luar biasa. (jk/rol)