Amerika 2011; Soviet Di Tahun 1989?


Sebuah kerajaan bisa runtuh hanya karena satu generasi. Pada akhir abad ke-16, Spanyol tampak dominan. Dua puluh lima tahun kemudian, Spanyol bangkrut, dan tidak mampu mengatasi kekuatan maritim yang muncul dari Inggris dan Belanda. Inggris mencapai kejayaan pada tahun 1930. Dua puluh tahun kemudian, semuanya berakhir.

Hari ini, wajar untuk bertanya apakah Amerika Serikat, yang tampaknya begitu kokoh dan menjulang satu dekade lalu, akan mengikuti lintasan yang sama. Amerika telah mengalami dua pukulan telak dalam tiga tahun terakhir. Yang pertama adalah krisis keuangan tahun 2008, yang konsekuensinya masih terus dirasakan. Meskipun penyebabnya adalah kegagalan di pasar hipotek, ketidakseimbangan kronis dalam perekonomian tetap menjadi masalah mendasar.

Selama beberapa tahun, Amerika mampu mendanai program-program nasional dan komitmen luar negerinya tanpa menggunakan bantuan besar-besaran dari Cina, saingan globalnya. Cina memiliki motif lain: mempertahankan permintaan pasar untuk ekspor dan dengan demikian menghindari krisis ekonomi sendiri. Situasi ini sama dan sebangun dengan Mutually Assured Destruction (MAD), sebuah doktrin yang mencegah perang nuklir antara Amerika dan Rusia.

Barack Obama jelas tidak berusaha untuk mengatasi masalah tersebut. Sebaliknya, ia menanggapi krisis dengan kebijakan yang sama yang terbukti sudah menyebabkan masalah: kemudahan kredit dan utang lebih banyak. Sudah pasti bahwa Amerika akan, pada waktunya, dipaksa menyesuaikan besar-besaran, baik untuk standar hidup di dalam dan luar negeri.

Hal ini penting karena, mengikuti pukulan kedua, kepentingan global Amerika berada di bawah ancaman pada skala yang belum pernah dilihat sebelumnya. Sejak 1956, ketika Menteri Luar Negeri John Foster Dulles membuka kenop terhadap Inggris dan Prancis atas Suez, dunia Arab telah menjadi domain buat AS. Pada awalnya, ada janji untuk mentoleransi kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri. Tetapi hal ini tidak berlangsung lama; Amerika memilih untuk mengatur Timur Tengah melalui para diktator yang brutal dan korup, yang dilengkapi dengan senjata, pelatihan militer dan nasihat dari Washington.

Kejadian dalam dua bulan belakangan di Timur Tengah sekarang ini, tampak jelas mengisyaratkan hal itu; meskipun secara moral terjadi kebangkrutan, namun pengaturan Amerika tampaknya akan segera berakhir. Salah satu ironi adalah rezim Libya. Ingat, lima tahun lalu, Gaddafi bersekutu dengan George Bush dan Tony Blair.

Di Washington, Obama belum menekankan aspek-aspek tersebut. Sebaliknya, setelah ragu-ragu, dia menyebut pergolakan sebagai demokratis dan bahkan pro-Amerika. Oleh karena itu banyak pihak yang mengklaim bahwa revolusi Arab sama dengan pergolakan tahun 1989 dari bangsa-bangsa Eropa Timur ketika melawan tirani Soviet.

Banyak yang yakin, ini adalah analogi yang tepat. Sama seperti tahun 1989 ketika Russia runtuh atas Eropa Timur, sehingga sekarang tampak seolah-olah 2011 akan menandai penghapusan banyak rezim-klien Amerika di dunia Arab. Orang selalu mengaitkan yang terjadi di negeri-negeri Arab karena facebook dan Twitter, namun kenyataan sesungguhnya banyak sekali orang Arab yang ikut dalam peristiwa sensasional minggu-minggu terakhir “buta internet.” Yang paling benar adalah mereka didorong menjadi aksi massa oleh kemiskinan dan pengangguran, bersekutu dengan rasa jijik pada perbedaan besar kekayaan dan korupsi yang mengerikan.

Masalah terbesar adalah bahwa Amerika menginginkan demokrasi, tetapi hanya pada istilahnya sendiri. Sebuah contoh yang sangat baik dari ini menyangkut pemilihan pemerintahan Hamas di Gaza pada tahun 2006. Peristiwa itu seharusnya menjadi saat yang penuh dengan harapan bagi proses perdamaian Timur Tengah: pemilihan pemerintah dengan legitimasi dan kekuatan untuk mengakhiri kekerasan. Tapi Amerika menolak untuk terlibat dengan Hamas, seperti juga menolak untuk berurusan dengan Ikhwan di Mesir.

Sejarah dunia Arab sejak runtuhnya kekhalifahan Turki Utsmani pada tahun 1922 dapat dibagi menjadi dua periode skematis: terbuka di bawah pemerintahan kolonial Inggris dan Prancis, diikuti oleh Amerika sebagai kerajaan yang tak terlihat setelah Perang Dunia Kedua. Sekarang kita memasuki zaman ketiga, ketika negara-negara Arab, akan menyatakan kemerdekaan mereka. Sangat tidak mungkin jika semua dari mereka akan memilih jalur yang diinginkan dan didikte oleh Amerika. Dari bukti yang tersedia, Obama dan Menteri Luar Negerinya, Hillary Clinton tidak mampu menangkap sifat kejadian terkini. (sa/telegraph)