Lieberman: Tel Aviv Harus Jaga Hubungan Baik Dengan Kairo

Israel's Foreign Minister Lieberman speaks during an Yisrael Beiteinu party meeting in JerusalemEramuslim – Mantan Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman, meminta PM Benjamin Netanyahu untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi, dan mendukungnya dalam perang melawan kelompok bersenjata di wilayah Semenanjung Sinai utara.

Dalam pernyataannya di saluran televise Zionis Israel pada hari Minggu (06/07) kemarin, Lieberman mengatakan, “Kita harus mendukung dan memberikan bantuan kepada Sisi untuk melawan kelompok bersenjata di Sinai utara. Perjanjian kedua negara melarang kita untuk menggelar aksi militer di wilayah tersebut.”

Lieberman menambahkan, “Kerjasama intelijen Israel dan Mesir dalam segala bidang adalah untu kepentingan Israel semata. Sedikit ketegangan dan keretakan dengan pemerintah Mesir akan sangat merugikan bagi negara ini.”

Sementara itu dalam penyataan terpisah, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengungkapkan ucapan belasungkawa ke Mesir menyusul serangan bersenjata yang mengakibatkan tewasnya puluhan tentara Mesir pada hari Rabu (01/07) pekan kemarin.

Selain itu PM Benjamin Netanyahu menyarankan Mesir untuk membangun daerah pembatas di sepanjang perbatasan Semenanjung Sinai, terutama dengan Jalur Gaza, seperti yang dilakukan Zionis Israel di wilayah gurun Negev dan Semenanjung Sinai. (Aljazeera/Ram)