20% PNS DKI Bolos Kerja, Layak Dipecat Saja!

pnsbe
Ilustrasi PNS

Eramuslim.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat ada sekitar 20 persen pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan DKI Jakarta mangkir kerja di hari pertama usai cuti Lebaran. Alasannya bervariasi. Mulai dari sakit, tugas belajar hingga bolos tanpa keterangan.

“Berbicara PNS di Jakarta itu ada dua. Yakni guru dan non guru. Yang guru memang sedang libur dan non guru, masih ada 20 persen yang tidak hadir pada hari ini,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Agus Suradika seperti diberitakanRMOLJakarta.com, Senin (11/7).

Meski demikian, pihaknya akan mengecek kembali absensi PNS yang tidak hadir pada hari pertama kerja itu. Sebab, absensi yang paling update diambil dari koneksi internet melalui mesin absensi.

“Dari data awal itu, tingkat kehadiran PNS DKI hanya 80 persen. Itu secara makro, saya belum mengecek per institusi. Angka 20 persen ini cukup tinggi, harus kita cek lagi,” ujar Agus.

Menurut dia, ada beberapa institusi sekolah yang belum tersambung dengan koneksi internet. Sehingga, sistem absensi mereka harus dilakukan secara manual. Biasanya, absensi manual ini baru bisa direkap setelah sore hari.

“Apabila mereka mau kinerjanya saat itu dicatat, ya lapor manual. Kalau nggak lapor manual, hari itu dia nggak berkinerja, artinya nggak dapat TKD (tunjangan kerja daerah),” jelas Agus.

Dibandingkan dengan tahun lalu, Agus menilai tingkat kehadiran PNS DKI saat ini jauh lebih bagus. Tahun lalu, PNS yang absensi secara offline lebih dari 10 ribu orang. Offlinenya absensi ini disebabkan karena gangguan jaringan listrik dan koneksivitas mesin absensi dengan penginput.

Dari data BKD DKI, PNS non guru di DKI Jakarta tercatat ada 39.913. Hingga pukul 11.00 WIB, ada 6.072 PNS tidak hadir, dan 1.733 PNS yang datang terlambat.

Sementara PNS yang kerja tepat waktu mencapai 32.108 orang. Jumlah ini tercatat dari 3.100 mesin absensi online, dan sisanya sekitar 1.217 mesin absensi masih offline, sehingga data kehadiran masih belum final. (ts/rmol)