Ada Rencana Demo di 30% Wilayah Indonesia Jelang Pelantikan Jokowi

Eramuslim.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengumpulkan para komandan/panglima wilayah dan satuan di Mabessad, Jakarta. Pertemuan ini membahas sejumlah isu, utamanya isu keamanan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

Dari pertemuan itu, kata Andika, diketahui bahwa kondisi secara umum di seluruh wilayah Indonesia terbilang kondusif. Namun, pihaknya mencatat ada sebagian wilayah, sekira 30 persen dari seluruh wilayah Indonesia, berpotensi terjadi demonstrasi massa.

“Ada beberapa daerah yang secara faktual memang sudah mendapatkan info tentang tanggal pelaksanaan demonstrasi maupun tempatnya. Tapi itu sangat sedikit sekali. Saya tidak menyebutkan di mananya, tapi mayoritas belum ada rencana yang terucap maupun tertulis,” kata Andika di Mabessad, Rabu (9/10).

“Situasinya tadi, itulah inventarisasi kami tadi, situasinya memang hanya beberapa tempat saja. Beberapa tempat itu 30 persen dari seluruh wilayah yang kita undang kecuali Papua. Itu yang secara faktual sudah terucap atau tertulis,” imbuh dia.