APDI Temukan Banyak Kecurangan Pemilu Dibiarkan KPU Daerah Hingga Pusat

Eramuslim.com – Aliansi Penggerak Demokrasi Indonesia (APDI) tegas meminta pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menginvestigasi berbagai pelanggaran dan kecurangan Pemilu 2019 yang terjadi di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Ketua Umum APDI, Wa Ode Nur Intan mengingatkan, Pemilu yang bersih akan dihormati dan diterima seluruh rakyat sekaligus disegani dunia. Sebaliknya Pemilu yang penuh dengan kecurangan hanya akan membuat rakyat tidak percaya kepada aparat dan penguasa.

“Sebelum hari pencoblosan, kami bekerja sama dengan berbagai lembaga pemantau internasional mengirimkan banyak relawan pengamat atau observer baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengawasi proses jalannya pemungutan dan penghitungan suara saat hari pencoblosan,” tuturnya di sekretariat APDI di Kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (19/4). Ikut mendampingi Ketua Bidang Humas APDI, Eman Sulaeman Nasim, Ketua bidang jaringan dan Organisasi Suparlan, dan perwakilan pengamat (obeserver) dari manca negara antara lain Choi Sunhwa dari Korea Selatan, Aira Azhari dan Muhammad Faiz dari lembaga pemantau pemilu IDEAS Malaysia.