Benarkah Suara Misterius di Pantura Itu Jejak Pesawat Antonov Rusia?

Anehnya, pada situs tersebut terlihat garis putus-putus saat pesawat diduga melintas di langit Subang hingga Kendal, Jawa Tengah. Pesawat kembali terdeteksi di Kendal dengan ketinggian terbang 23.000 kaki pada pukul 06.14 UTC atau 01.14 WIB. Tidak ada informasi di mana pesawat itu mendarat.

Masih di hari ini, pesawat itu lalu terdeteksi lagi di Australia. Saat ini, pesawat Antonov An-12BP terdeteksi sedang terbang dari Melbourne, Australia, ke arah timur laut.

Berdasarkan kesaksian warga yang dihimpun detikcom, Jumat (14/12/2018), suara meraung-raung terdengar sekitar pukul 01.00 WIB. Suara itu terdengar di Pekalongan hingga Kabupaten Semarang.

Manajer Operasional AirNav cabang Semarang, Kelik Widjanarko, belum memastikan soal pesawat Antonov An-12BP sebagai sumber suara misterius tersebut.

“Menyampaikan bilamana hal tersebut diyakini baling-baling pesawat bahwa pergerakan pesawat di wilayah udara yang di Indonesia adalah 24 jam bisa sipil atau militer. Jam tersebut AirnNav Semarang sudah closed, jadi kami tidak ada data,” kata Kelik. [dtk]