Besok PA 212 Dkk Gelar Apel Ganyang Komunis Baru

“Oleh sebab itu panitia penyelenggara harus memastikan melakukan upaya-upaya pencegahan secara serius, agar anak-anak tidak dilibatkan atau terlibat dalam kegiatan dimaksud,” sambungnya.

Jasra juga meminta, orang tua melakukan pengawasan terhadap anak. Hal ini dimaksud untuk menjaga dan menghindari keikutsertaan anak dalam demonstrasi.

“Mengingat masa sekarang adalah situasi libur dalam belajar peserta didik, meminta orang tua dan keluarga untuk memastikan buah hatinya berada dalam pengawasan orang tua, untuk menghindari agar anak-anak tidak mengikuti demonstrasi,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPAI Susanto mengatakan pencegahan keterlibatan anak perlu dilakukan seluruh unsur. Susanto menuturkan menyampaikan pendapat dapat merupakan salah satu hak anak, namun menurutnya hal ini perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

“Kita semua baik unsur pemerintah, pemda, ormas, sekolah dan orangtua agar melakukan langkah edukatif untuk mencegah anak. Menyampaikan pendapat itu hak anak tetapi, mesti dilakukan melalui mekanisme yang aman dan nyaman untuk anak sesuai fase perkembangannya,” pungkasnya.(dtk)