Buku Habibie “Detik-detik yang Menentukan” Diburu Masyarakat

Buku karya BJ. Habibie "Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi"mendapat sambutan besar dari masyarakat. Tidak hanya masyarakat Jakarta yang memburu, tapi juga mereka yang ada di daerah.

Direktur Eksekutif The Habibie Center (THC) Watik Pratiknya kepada pers di Jakarta, Selasa (3/10) mengungkapkan, "Rencana semula cetak ulang itu 10.000, tetapi animo masyarakat di luar dugaan sehingga cetak ulang langsung kita tingkatkan menjadi 40.000 eksemplar. Edisi cetak ulang ini sudah kita distribusikan ke toko-toko buku mulai kemarin," ujar dia.

Menurutnya, THC tidak menduga bila ada sambutan yang luar biasa dari masyarakat. "Pada awalnya kita jajaki pemasaran di toko-toko buku. Di Jakarta saja, toko buku terkenal paling hanya pesan lima eksemplar. Tetapi sambutan luar biasa sehingga persediaan untuk edisi perdana sudah langsung habis dan kita cetak ulang," tuturnya.

Buku karya mantan Presiden BJ Habibie itu sendiri diluncurkan di Jakarta, Kamis (21/9) malam. Buku tersebut merupakan kesaksiannya atas berbagai peristiwa penting menjelang peralihan kekuasaan dari Soeharto dan semasa ia menjabat presiden ketiga RI pada bulan Mei tahun 1998.

"Buku ini merupakan catatan pribadi yang ditulis sendiri semasa dia (Habibie) menjabat presiden," kata Muladi, salah seorang pengurus THC. (dina)