Debat Perdana Capres, Jokowi Terlihat Emosi, Sandi Paling Enjoy

Eramuslim.com – Dua pasangan capres-cawapres, Jokowi- Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, sudah melakukan debat perdana Pilpres 2019. Isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan teroris menjadi tema pembuka.

Debat berlangsung dalam enam segmen dan memakan waktu lebih kurang 2 jam. Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, menilai jalannya debat relatif stagnan tak ada yang terlalu menarik. Bahkan Jokowi, sebagai petahana dinilai tak luwes cenderung kaku dan grogi.

“Harusnya sebagai petahana diuntungkan, tapi hampir tiga sesi terlihat gak enjoy. Justru di antara keempatnya yang enjoy Sandi. Bintangnya tadi malam Sandi. Dia mampu menarasikan dengan logic dan sistematik. Kalau Prabowo seperti biasa terlalu semangat sehingga agak meledak. Nah petahana terlihat tidak optimal, tidak menunjukkan kepetahanannya itu,” katanya saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (18/1).

Salah satu yang paling disorot dalam debat kemarin adalah sedikitnya porsi berbicara cawapres, Ma’ruf Amin. Selain itu, komunikasi terjalin antara keduanya terlihat kurang.

“Kelemahan terbesar Pak Jokowi Maruf saat debat pertama terlihat kurang kompak, tidak menunjukkan pembagian waktu yang baik, jadi seperti tidak dipersiapkan sebelumnya. Seperti saat Pak Maruf bilang cukup, padahal masih ada waktu. Ini sangat disayangkan,” katanya