free hit counters
 

Deretan Polisi Pejabat: Mulai Urus Beras, PNS, hingga Korupsi

Redaksi – Selasa, 16 Muharram 1441 H / 17 September 2019 06:00 WIB

Sejak berdiri pada 2010, Kepala BNPT memang selalu diisi perwira Polri.

Ada juga polisi yang jadi menteri. Ia adalah Komjen Pol (Purn) Syafruddin, sejak 15 Agustus tahun lalu menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Syafruddin adalah Wakil Kapolri periode 2016-2018.



Para perwira polisi lain yang sempat dan masih menduduki jabatan sipil pada masa pemerintah Joko Widodo di antaranya Inspektur Jenderal Polisi Iza Fadri (Dubes Indonesia untuk Myanmar), Irjen Amhar Azeth (Dubes Indonesia untuk Moldova), dan Irjen Ronny Franky Sompie (Dirjen Imigrasi Kemenkumham).

Lalu Komjen Setyo Wasisto (Irjen Kemenperin), Irjen Pudji Hartanto Iskandar (Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan), Irjen Sugeng Priyanto (Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja), dan Irjen Syahrul Mamma (Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan).

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan dari sejumlah nama tersebut, hanya Komjen Pol Suhardi Alius dan Komjen Pol Heru Winarko yang masih aktif. Yang lainnya sudah pensiun dan “tidak ada kaitan lagi dengan Polri”.

“Apalagi jabatan setingkat menteri, itu jabatan politis dan merupakan hak prerogatif presiden,” ujar Dedi seperti dikutip Tirto, Minggu (15/9/2019) kemarin. [ts]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru