#MenolakLupa: Jokowi Bilang Indonesia Siap Bantu Laos Bangun Infrastruktur

Eramuslim.com – Ketika di AS, pertengahan Februari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia siap membantu Laos untuk membangun infrastruktur di negara tersebut.
Hal itu diungkapkan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan ‎Presiden Laos Choummaly Sayasone, di sela kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat (AS).
Jokowi mengharapkan agar hubungan bilateral kedua negara terus meningkat, terutama di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata, serta menyambut baik ketertarikan Laos untuk membeli produk industri strategis Indonesia, seperti pesawat transpor ringan.
infrastruktur indonesia
Infrastruktur Indonesia, kira-kira Laos mau gak ya?

“Indonesia siap berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Laos,” kata Jokowi dalam siaran pers yang diterima Sindonews di Jakarta, Rabu (16/2/2016).

 Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap akan ada peningkatan saling kunjung wisatawan Indonesia dan Laos, dan mendorong peningkatan people-to-people contact antara Indonesia dan Laos dengan mengundang warga Laos untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi di Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat atas keketuaan Laos di ASEAN. “Selamat atas keketuaan Laos di ASEAN. ‎Saya yakin keketuaan Laos akan menyebabkan ASEAN semakin baik dan lebih sukses,” tutur dia.
Mantan wali kota Solo ini menekankan bahwa keketuaan Laos memiliki momentum yang sangat penting, terutama karena ASEAN telah memasuki era komunitas ekonomi tunggal. Berbagai isu diharapkan tetap menjadi prioritas dalam keketuaan Laos tahun ini, yang menyangkut peningkatan kerja sama ekonomi dan maritim.
Selain itu, terciptanya perdamaian dan stabilitas di laut Tiongkok Selatan, pemberdayaan UMKM sehingga terwujud pemerataan pembangunan kerjasama penanggulangan kejahatan lintas batas serta perlindungan buruh migran.
Jokowi menggarisbawahi, sentralitas dan kesatuan ASEAN di tengah situasi dunia yang sangat cair dan penuh rivalitas sangat penting. ‎”Indonesia tentunya memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Laos di ASEAN,” tandasnya. (ts/sindo)
***
Mudah-mudahan saja Laos tidak tertipu seperti kebanyakan rakyat Indonesia yang saat ini banyak menyesal karena salah pilih presiden.