Ada Kota di Turki Dimana Orang Miskin Tidak Pernah Kelaparan

Eramuslim – Di bawah sinar matahari yang menyilaukan pada sore hari, sebuah restoran di sebuah kota kecil di wilayah bagian timur Turki menyambut pelanggan dari kalangan masyarakat kurang mampu.

Restoran ini hanya salah satu dari banyak tempat di kota ini, di mana warga miskin diajak untuk makan gratis. Tradisi yang telah dipeliharan dengan baik ini telah diturunkan dari generasi ke generasi selama beberapa dekade.

Kota Karakocan, yang berjarak 70 menit berkendara ke utara dari pusat provinsi Elazıg, telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena kebiasaan masyarakat yang memberikan makanan gratis kepada mereka yang membutuhkan.

Bagi penduduk setempat, tradisi ini adalah cara memenuhi tanggung jawab mereka untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Mehmet Ozturk, 55 tahun, adalah pemilik dan pengelola salah satu restoran tersibuk di Karakocan, yaitu Restoran Merkez menuturkan bahwa selama hampir 35 tahun ia selalu menyiapkan sedikitnya tiga meja yang disediakan bagi mereka yang membutuhkan.

Meskipun saat jam sibuk ketika restorannya penuh sesak, Ozturk tetap memberikan tempat bagi orang-orang yang membutuhkan.

Menurut Ozturk, “Orang miskin tidak pernah ditolak”.

Pada hari tertentu, kata Ozturk, sedikitnya ada 15 orang yang datang ke restorannya untuk mendapatkan makanan gratis.