Eggy Akhirnya Dibebaskan

“Sekali lagi kami menyerukan kepada penguasa saat ini stop kriminalisasi terhadap ulama, aktifis dan tokoh-tokoh kami yang sudah jelas terdepan membela NKRI, Pancasila dan UUD 1945,” ujar Novel.

Eggi Sudjana ditangkap penyidik Polda Metro Jaya di kediamannya, kawasan Bogor, pada Ahad (20/10) pukul 01.30 WIB. Hanya beberapa jam menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf. Sesaat setelah penangkapan, pihak kepolisian membenarkan Eggi diperiksa di Mapolda, tetapi kasus membuat Eggi kembali digelandang ke Mapolda tak disebutkan.

Pengacara Eggi Sudjana, Alamsyah Hanafiah, pada Ahad, mengungkapkan, kliennya diamankan polisi untuk dimintai keterangan sebagai saksi terhadap penangkapan seorang tersangka yang terjerat kasus perakitan bom. Eggi sebelumnya juga sempat ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya atas kasus dugaan makar pada Mei 2019. Namum, penahanan Eggi ditangguhkan pada Juni 2019 setelah mendapat jaminan dari Sufmi Dasco Ahmad selaku Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.(kl/rol)