Gerindra Anggap Jokowi Tak Tahu Malu Banggakan Perekonomian

Foto: Antara

Eramuslim.com – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengkritik keras klaim Presiden Joko Widodo soal menurunnya angka kemiskinan dalam tiga tahun terakhir.

Menurut Ferry, klaim Jokowi tidak sesuai dengan keadaan masyarakat di lapisan bawah yang justru makin terperangkap dalam lingkaran kemiskinan.

“Rezim tidak tahu malu namanya,” ucap Ferry saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (16/8).

Dia menjelaskan pemerintah yang tidak mampu menjaga nilai tukar rupiah berimplikasi buruk kepada masyarakat tingkat bawah. Misalnya, biaya hidup menjadi semakin tinggi, sementara upah dan gaji tidak mengalami peningkatan.

Ferry menganggap petani dan nelayan kesulitan beradaptasi dengan kondisi tersebut. Karenanya, dia heran ketika Jokowi bangga dengan penurunan kemiskinan, sementara realitasnya petani dan nelayan justru kelimpungan.

“Beban pajak makin tinggi ditengah daya beli yang menurun. Kok, bisa kemiskinan makin menurun,” kata Ferry.

“Kalau indikator kemiskinan bisa dimanipulasi,” lanjutnya.

Menurut Ferry, pelemahan rupiah yang hampir Rp15.000 per dollar AS disebabkan masalah internal maupun eksternal. Pelemahan rupiah, lanjutnya, juga berkaitan dengan konsekuensi dari globalisasi.

Ferry menilai Jokowi mestinya memperkuat produksi pangan dalam negeri untuk menambah pasokan. Bukan malah mengimpor dalam jumlah besar ketika Rupiah tengah melemah. Terlebih, lanjut Ferry, pemerintah juga terus berutang menggunakan mata uang asing.