Hampir Dua Tahun Tak Meninggalkan China, Xi Jinping Fokus Pertahankan Singgasananya

Hampir Dua Tahun Tak Meninggalkan China, Xi Jinping Fokus Pertahankan Singgasananya

Eramuslim.com – Presiden China Xi Jinping telah dipastikan tidak menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia. Ia juga tidak akan bergabung secara langsung dalam KTT Perubahan Iklim di Glasgow, Skotlandia.

Dikutip dari The Straits Times, Xi belum meninggalkan China dalam 21 bulan terakhir. Pada awalnya, banyak pihak berpendapat alasan Xi tidak bergabung secara langsung di banyak forum dunia lantaran Covid-19.

Tetapi baru-baru ini sejumlah analis mengatakan ada alasan selain Covid-19 yang membuat Xi tidak beranjak dari China. Salah satunya adalah pergeseran kebijakan Xi yang lebih fokus ke dalam negeri.

“China, di bawah Xi, tidak lagi merasa terdorong untuk bekerja sama, atau setidaknya terlihat bekerja sama, dengan Amerika Serikat dan sekutunya dalam hal apa pun selain persyaratannya sendiri,” lapor The Straits Time.

Tetapi ketidakhadiran Xi dari panggung global tampaknya memperumit ambisi China untuk memposisikan dirinya sebagai alternatif kepemimpinan Amerika.

Terlebih, beberapa orang menyebut, China mengalami kemerosotan tajam dalam hubungan dengan banyak negara.

Ketidakhadiran Xi juga memperumit hubungan China dan AS karena kedua petinggi tidak memiliki kesempatan untuk bertemu.

Kemungkinan Xi fokus dalam kebijakan dalam negeri diperkuat dengan Kongres Partai Komunis tahun depan, di mana ia diperkirakan akan mengklaim lima tahun lagi sebagai pemimpin negara itu.

Akibatnya, diplomasi tatap muka menjadi prioritas yang lebih rendah daripada di tahun-tahun pertama Xi menjabat. [RMOL]