HNW: Menteri Agama, Mendikbud dan Menkumham Paling Pas untuk Dicopot!

Eramuslim.com -Presiden Joko Widodo didesak merombak anak buahnya di kabinet Indonesia Maju.

Sebabnya, beberapa menteri tidak cekatan dalam menerima perintah presiden terutama penanganan pandemik virus corona baru (Covid-19).

Desakan itu juga muncul dari Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW). Dia mengatakan sedikitnya ada tiga menteri yang layak dicopot oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun tiga menteri tersebut yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Mendikbud Nadiem Makarim, kata HNW, sudah mendapatkan kritikan sejak awal menerima mandat dari Jokowi sebagai menteri.

Terlebih, Nadiem tidak memiliki latar belakang pendidikan di Indonesia sehingga tidak memahami akar masalah pendidikan di Tanah Air.

“Saya enggak tahu juga kok pak Nadiem menerima amanat sebagai menteri pendidikan yang bukan bidang dia dan keahliannya tidak pernah teruji dalam hal ini,” kata HNW dalam acara virtual, ‘Ngopi Bareng Bang Ruslan’ bertema ‘75tahun Kemerdekaan : Tantangan dan Harapan’, Kamis (20/8).

Menurutnya, Nadiem kredibilitasnya sebagai menteri pendidikan dipertanyakan. Mantan CEO Gojek itu belum memiliki terobosan bagus untuk sistem pembelajaran di Indonesia di tengah situasi pandemik Covid-19.